Sabtu, 14 Maret 2015

# Jurnal Penelitian

KONSEP THE 7 ISLAMIC DAILY HABITS DALAM NOVEL “PAHARI” KARYA MAHMUD JAUHARI ALI



KONSEP THE 7 ISLAMIC DAILY HABITS DALAM NOVEL “PAHARI” KARYA MAHMUD JAUHARI ALI

Nailiya Nikmah


Ringkasan

Pemaknaan mendalam terhadap karya sastra tidak saja dapat dilakukan berdasar ilmu sastra. Pemaknaan terhadap karya sastra juga dapat bertolak dari disiplin ilmu atau bidang lain. Salah satunya adalah bidang pendidikan agama (Islam). Penelitian dan pengkajian yang intensif dan komprehensif terhadap berbagai cabang dalam disiplin pendidikan Agama Islam memberikan wawasan dan perspektif baru bagi masyarakat. Di antara penelitian tersebut adalah penelitian yang dilakukan oleh Harjani Hefni terhadap Quran Surat Al Fatihah yang melahirkan konsep The 7 Islamic Daily Habits. Menurut Hefni, terdapat 7 kebiasaan unggulan yang dapat dijabarkan dari pemaknaan terhadap Surat Al Fatihah, yaitu bismillah setiap memulai pekerjaan; bersyukur atas setiap capaian; berpikir positif kepada sang pencipta; berorientasi akhirat; beribadah dan berdoa; konsisten dalam komitmen; dan bercermin.
Konsep 7 Islamic Daily Habits tersebut sejalan dengan pengupayaan pendidikan berbasis karakter yang akhir-akhir ini diangkat ke permukaan oleh para pakar pendidikan dan pemerintah yang terkait. Menurut Munir (2010:3) yang disebut dengan karakter adalah sebuah pola, baik itu pikiran, sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan. Dalam berbagai literatur, kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang yang didahului oleh kesadaran dan pemahaman akan menjadi karakter seseorang (Munir, 2010:5). Sementara menurut Jumadi dalam artikelnya “Mengintensifkan Peran Pendidikan sastra untuk Membangun Karakter Siswa” (2013 :36) kita perlu segera mengintensifkan peran pendidikan untuk membangun karakter siswa. Hal ini dimungkinkan oleh substansinya yang akan disampaikan, sastra mengandung unsur-unsur karakter yang berlimpah.
Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra memiliki ruang yang cukup untuk memiliki unsur-unsur tersebut. Di antara sekian novel yang ditulis oleh para pengarang Indonesia, terdapat novel-novel yang ditulis oleh Mahmud Jauhari Ali. Meski ditulis secara populer, novel-novel Ali mengandung unsur-unsur positif yang dapat mempengaruhi karakter pembacanya. Salah satu novel tersebut adalah novel yang berjudul Pahari.
Secara umum novel Pahari berbicara tentang perjuangan seorang anak manusia bernama Pahari untuk bertahan hidup dan meningkatkan kualitas hidupnya. Akan tetapi, dilihat dari disiplin ilmu agama (Islam), novel ini memiliki muatan konsep penting yang sejalan dengan konsep The 7 Islamic Daily Habits yang digagas oleh Harjani Hefni.
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tema dan amanat Novel Pahari karya Mahmud Jauhari Ali; serta mengkaji konsep The 7 Islamic  Daily Habits dalam Novel Pahari Karya Mahmud Jauhari Ali.
Data temuan (berupa sintaksis dan paragraf) yang diperoleh dari Novel Pahari karya Mahmud Jauhari Ali sebagai sumber data dideskripsikan, diklasifikasikan, dianalisis/ditafsirkan sesuai konsep The 7 Islamic Daily Habits. Melalui pendekatan interdisipliner, novel ini memperlihatkan konsep tersebut terdapat dalam novel Pahari karya Mahmud Jauhar Ali.

Kata Kunci: The 7 Islamic Daily Habits, Novel Pahari, Pendekatan Interdisipliner

Makalah lengkap terdapat dalam Jurnal Pendidikan Edukasia, ISSN 2302-1225, No.02/Volume II/ Tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar