Jumat, 19 Juni 2020

# belajar masak # kuliner

Dalgona Rumahan Simpel Pakai Mixer

Waktu pertama kali minuman varian kopi bernama Dalgona ini muncul dan viral, aku sudah mencoba bikin dan memposting di status FB. Saat itu, aku membuat menggunakan pengaduk atau pengocok manual. Lumayan lelah hayati, hehe. Lelahnya langsung terbayar setelah bisa dapat satu konten foto yang keren.

Nah, beberapa hari kemarin, paksu pulang bawa Mixer listrik. Anak-anak heboh langsung minta buatkan dalgona yang pakai Mixer. Karena kesibukan aku, hari ini baru bisa mengabulkan permintaan mereka.



Namanya juga dalgona rumahan, jangan bayangkan seideal di kafe-kafe ya.

Bahan yang aku pakai, (sengaja nyebut merk biar teman-teman tahu aku bikin gak seperti orang-orang):

1. 2 sachet susu Zee varian vanilla.
2. 2 sendok sedang kopi Indocafe.
3. 4 sendok makan gula putih.
4. Air dan es batu.

Cara membuat ala aku:
1. Susu seperti biasa diseduh dengan air hangat dan aduk sempurna. Tambahkan air putih dingin. Jika suka manis, tambahkan gula secukupnya. Kalau aku, satu sachet bisa untuk dua gelas.

2. Masukkan es batu ke dalam setiap gelas susu.

3. Mixer kopi dan gula bersama sedikit air.




4. Setelah warnanya mulai coklat muda dan terlihat seperti busa atau buih di lautan (kangen pantai), berarti sudah oke. Btw, karena aku pakai kopi yang bukan kopi merk itu tu.. kayaknya kurang mengembang deh. Aku sih gak terlalu penting soal itu. Yang penting rasanya. Hehe.

5. Setelah selesai, sendokki hasil mixeran kopi dan gula tadi ke setiap gelas. Dalgona siap dinikmati bersama sepotong brownies.




Selamat mencoba ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar