Selasa, 03 April 2018

# gaya hidup # Meja Rias

Perawatan Wajah Praktis untuk Perempuan Bekerja

Wajah adalah aset berharga bagi perempuan. Tentu saja pernyataan ini harus dimaknai sesudah memahami bahwa akhlak atau karakterlah yang paling utama.

Sayangnya, tidak sedikit perempuan yang kurang peduli terhadap perawatan wajah dengan berbagai alasan. Memasuki usia 30-an biasanya perempuan baru mulai peduli dengan kesehatan wajahnya. Ini pun setelah berbagai masalah mulai muncul menghiasi wajahnya.

Setiap perempuan seharusnya melakukan perawatan wajah sesibuk apapun dirinya. Melakukan perawatan wajah bukan berarti harus mengeluarkan banyak biaya dengan membeli peralatan kosmetik mahal dan bermerk maupun pergi ke salon-salon ternama. Jika permasalahan kulit tidak terlalu serius kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Lakukan perawatan yang memang benar-benar diperlukan oleh wajah saja. Yang penting adalah wajah harus bersih, tidak tertutup debu dan bekas kosmetik, serta tetap terjaga kelembabannya. Wajah yang bersih dan lembab cenderung bebas dari masalah yang berarti.

Bagaimana kalau tidak punya waktu alias sangat sibuk?
Sempatkan diri untuk melakukan perawatan minimal yang bertujuan menjaga kebersihan dan kelembaban sebab perawatan itulah yang paling penting bagi wajah.

Ada beberapa langkah praktis yang harus dilakukan untuk merawat wajah bagi perempuan sibuk. Anda dapat memilih produk yang sesuai dan cocok dengan jenis kulit. Dalam artikel ini, saya menggunakan contoh produk Wardah dan Viva.
Langkah tersebut yaitu:

1. Gunakan milk cleanser
Milk cleanser atau susu pembersih dari berbagai macam merk dengan berbagai variasi harga dapat kita jumpai di toko-toko kosmetik. Milk Cleanser berfungsi untuk membebaskan wajah dari kotoran baik dari debu maupun sisa make up. Cara memakainya tuang milk cleanser secukupnya, usapkan ke wajah secara perlahan dengan gerakan melawan arah bulu halus pada wajah. Angkat dengan kapas khusus wajah.
Milk cleanser dan face toner


2. Gunakan facial wash atau facial foam.
Facial wash atau facial foam berfungsi membersihkan wajah dengan penggunaan serupa penggunaan sabun pada umumnya. Pilih yang cocok dengan jenis kulit. Usap perlahan lalu bilas dengan air bersih. Gunakan terutama di pagi hari setelah bangun tidur.


3. Gunakan face toner
Face toner adalah rangkaian yang harus kamu pakai setelah menggunakan milk cleanser dan facial wash. Face toner berguna mengangkat sisa kotoran yang tidak terjangkau oleh susu pembersih dan sabun. Selain itu, face toner dapat menyegarkan dan meringkas pori-pori.

4. Gunakan air mawar bila perlu
Air mawar bisa diaplikasilan setelah memakai toner. Air mawar juga bisa dipakai sebagai campuran masker wajah. Wajah akan terasa lebih segar dan lembab sepanjang hari.

Air Mawar dan Face Toner

Sampai langkah ini, kita sudah melakukan upaya perawatan wajah praktis untuk rutinitas harian. Lakukan 2 kali sehari, di pagi hari sebelum kita mengaplikasikan make up dan malam hari sebelum tidur.

5. Gunakan pelembab wajah
Langkah ini sering kali diabaikan oleh perempuan bekerja karena merasa tidak penting dan tidak sempat. Padahal wajah sangat memerlukan pelembab agar tidak mengalami kekeringan yang membuat wajah lebih cepat mengalami penuaan. Tentu saja harus berhati-hati memilih pelembab. Pilih yang cocok dengan jenis kulit. Terutama bagi perempuan yang bekerja dalam ruangan ber-ac, pelembab sangat diperlukan. Sekarang pelembab pun sudah banyak yang mengandung SPF dan zat lain yang diperlukan oleh kulit. Bahkan sekarang banyak ditawarkan pelembab yang berfungsi memutihkan atau mencerahkan. Jangan sampai salah kaprah dalam hal ini. Salah memilih pelembab malah akan menimbulkan masalah bagi wajah.
Masker, Pelembab dan Bedak 


6. Gunakan bedak ketika hendak keluar
Setelah menggunakan pelembab kita bisa menggunakan bedak. Pilih warna dan jenis bedak yang cocok dan sesuai dengan kulit. Warna bedak yang terlalu terang justru akan membuat wajah kita menjadi lebih gelap dan pucat.

7. Gunakan masker secara rutin
Perawatan lain sebagai tambahan yaitu masker. Sekarang tersedia masker aneka jenis dan fungsi. Gunakan yang dibutuhkan oleh wajah. Jangan mudah tergiur dengan iklan yang mengklaim produknya dapat membuat kulit wajah kembali muda seperti kulit bayi misalnya. Teliti kandungan dan efek sampingnya jika ada.

8. Gunakan micellar water
Jika kita benar-benar kehabisan kesempatan untuk membersihkan wajah dengan beberapa langkah yang sudah disebutkan, gunakan produk micellar water. Micellar water diaplikasikan seperti kita menggunakan pembersih dan toner. Setelah kita tuang pada kapas secukupnya, usapkan pada wajah dan kotoran pun terangkat dari wajah. Tanpa perlu dibilas.


Demikian informasi dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat bekerja, para perempuan pekerja. Tetap semangat, tetap terawat. Jalani hidup dengan selalu bersabar dan bersyukur atas segala yang dititipkan oleh-Nya.
Di atas itu semua, hidup ini hanya sementara. Wajah cantik hanya titipan dan bisa jadi hanya ujian bagi kita.

Salam sayang.
Nai.

15 komentar:

  1. Bener banget mba. Sempet ga sempet ya di sempetin setidaknya menjaga kebersihannya ya. Aset masa depan soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kalau lagi malas suka nakal juga sih ...bobo tanpa cuci muka tuntas.wkwkwk

      Hapus
    2. Kadang kalau lagi malas suka nakal juga sih ...bobo tanpa cuci muka tuntas.wkwkwk

      Hapus
  2. Menjaga kebersihan kulit itu emang prioritas ya mbak. Perawatan skincare paling sederhana dan primer menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Ini yang simple banget. Kutulis berdasar pengalaman sendiri. Nanti kapan-kapan nulis yang lainnya lagi.

      Hapus
    2. Yup. Ini yang simple banget. Kutulis berdasar pengalaman sendiri. Nanti kapan-kapan nulis yang lainnya lagi.

      Hapus
  3. Ulun baca ini kok mau curhat jadinya. Hihi. Apa aja jd curhat perasaan. Anu bu, dulu zaman abg tingkat kepelitan lbh tinggi dibanding keinginan merawat diri. Handbody pakai pukul rata sampe ke muka. Bedak pun kalau punya mama ada pake itu aja. Padahal warnanya mayan ngejreng. Haha. Peduli amat selama gratis. Wkwk. Sekarang Alhamdulillah udah tobat, berkat bimbingan para beauty blogger. Eaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bertobat ya wind hehe. Pasti tambah cakep aja Winda sekarang.Lama-lama bermetamorfosis jadi beauty blogger kayaknya nih..?😚

      Hapus
  4. satu yg kurang deh, yg wajib dipake itu keluar rumah sebenarnya adalah sunblock terlepas dia mau pake bedak atau ga nya, terserah si punya penampilan sih. hihi

    Juga juga, bedak ga masuk ke perawatan tapi dia masuk ke makeup. hihi

    Maafkeun ya mbak mengomentari. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... gapapa Rim. Santai aja. Mksh dah komen. Aku nulis sesuai pengalaman aku aja soalnya. Selama ini memang belum memakai sunblock. Nt kalau aku dah pakai sendiri barunaku berani nulis dalam artikelku. Biar lebih valid tulisannya. Hehe.

      Hapus
    2. Hehe... gapapa Rim. Santai aja. Mksh dah komen. Aku nulis sesuai pengalaman aku aja soalnya. Selama ini memang belum memakai sunblock. Nt kalau aku dah pakai sendiri barunaku berani nulis dalam artikelku. Biar lebih valid tulisannya. Hehe.

      Hapus
  5. Air mawar bener banget bkin kulit dingin, bisa juga di campurin jadi DIY facemist mba..

    BalasHapus
  6. dulu kalau merawat muka cuma pakai pembersih muka sama pelembab. sekarang lagi berusaha lebih rajin dengan memakai susu pembersih dan tonernya. emang beda euy rasanya kalau pakai susu pembersih+toner

    BalasHapus
  7. Aku udah rutin nerapin ini mulai 4 tahun yang lalu dan bener aja kondisi wajah jauh lebih membaik :)

    BalasHapus
  8. Tipsnya cocok untuk aku yg belum punya banyak skincare. Hehe. Siap dipraktikkan. Yang paling favorit sih masker itu, bikin wajah kencang tiap hbs makai.

    BalasHapus