Sabtu, 14 Maret 2015

# Jurnal Penelitian

ANTOLOGI CERPEN “NYANYIAN KERBAU RAWA” SEBAGAI SALAH SATU BACAAN ANAK



ANTOLOGI CERPEN “NYANYIAN KERBAU RAWA”
 SEBAGAI SALAH SATU BACAAN ANAK

Nailiya Nikmah

ABSTRAK

Ketersediaan bahan bacaan bagi anak, selain memperhatikan faktor hal yang diminati anak hendaknya juga menyesuaikannya dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan anak. Mei 2013, terbit sebuah buku antologi cerpen anak yang berjudul Nyanyian Kerbau Rawa (NKR) yang dikarang oleh para penulis dari Grup Persahabatan Menulis (GPM) Amuntai. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah buku tersebut dipandang sebagai salah satu sastra anak? Bagaimanakah unsur-unsur pembangun karya sastra pada seluruh cerpen yang terdapat di dalam buku NKR dan relevansinya sebagai salah satu bahan bacaan anak?
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan pendekatan struktural. Sumber data yang digunakan adalah cerpen-cerpen dalam buku antologi cerpen anak NKR karya Edwin Yulisar dkk, penerbit Group Persahabatan Menulis (GPM) Amuntai, diterbitkan Mei 2013 dengan jumlah halaman yaitu 144hlm.
Hasil penelitian menunjukkan dalam NKR terdapat cerpen-cerpen yang bertema persahabatan, keluarga, indahnya berbagi, pentingnya menjadi diri sendiri, bakat dan prestasi anak, kebiasaan baik, pentingnya menjaga kesehatan gigi, dan petualangan. Semua tema tersebut pada dasarnya sudah sesuai dengan perkembangan anak. Amanat atau pesan yang terdapat dalam buku antologi cerpen anak NKR di samping pesan-pesan lain, pada umumnya adalah pesan-pesan tentang berbuat baik kepada orang tua seperti cintailah orang tua; hormatilah dan sayangilah orang tua terutama ibu, serta taatilah perintah orang tua. Ditinjau dari sudut pandang sastra anak, buku NKR memiliki potensi sebagai salah satu bahan bacaan anak yang tergolong dalam bacaan realistik dengan beberapa catatan di dalamnya.

Kata Kunci: Nyanyian Kerbau Rawa, Antologi Cerpen Anak, Grup Persahabatan Menulis (GPM) Amuntai


Makalah lengkap terdapat dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Budaya "Pahlawan", ISSN 2338-0853, Volume 03, No.03, Tahun 2014, Penerbit FKIP Universitas Ahmad Yani 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar