Sabtu, 14 Maret 2015

# Jurnal Penelitian

UNSUR KEWIRAUSAHAAN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZI



UNSUR KEWIRAUSAHAAN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH
KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZI

Lea Emilea Farida dan Nailiya Nikmah


Ringkasan

Novel Ketika Cinta Bertasbih Karangan Habiburrahman El Shirazhi merupakan sebuah karya sastra yang tidak hanya memberi hiburan pada pembacanya tetapi juga pencerahan. Secara umum novel berlatar Mesir dan Indonesia ini mengangkat unsur keagamaan pada alur cerita. Akan tetapi novel ini juga memuat unsur lain yang sangat penting, yaitu unsur kewirausahaan.  Kewirausahaan mulai diminati oleh masyarakat dewasa ini. Kewirausahaan merupakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.Tujuan penelitian ini adalah mengkaji asas-asas pokok kewirausahaan dalam novel KCB karya HES dan latar belakang atau faktor pemicu kewirausahaan dalam novel KCB karya HES.
Data temuan (berupa sintaksis dan paragraf) yang diperoleh dari novel sebagai sumber data dideskripsikan, diklasifikasikan, dianalisis/ditafsirkan sesuai konteks sosiologi sastra. Pendekatan sosiologis ini pengertiannya mencakup berbagai pendekatan, masing-masing didasarkan pada sikap dan pandangan teoritis tertentu, tetapi semua pendekatan itu menunjukkan satu ciri kesamaan, yaitu mempunyai perhatian terhadap sastra sebagai institusi sosial yang diciptakan oleh pengarang sebagai anggota masyarakat.
Kata Kunci: Kewirausahaan, Novel, Ketika Cinta Bertasbih


Makalah lengkap terdapat dalam Jurnal Intekna, ISSN 1412-5609, No.01/Tahun XI/Mei 2011, Penerbit Politeknik Negeri Banjarmasin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar