Sabtu, 14 Maret 2015

# Jurnal Penelitian

PELANGGARAN HAK-HAK WARGA NEGARA INDONESIA DALAM KUMPULAN CERPEN “DONGENG KESETIAAN” KARYA RATIH AYUNINGRUM



PELANGGARAN HAK-HAK WARGA NEGARA INDONESIA 
DALAM KUMPULAN CERPEN “DONGENG KESETIAAN” 
KARYA RATIH AYUNINGRUM

Nailiya Nikmah


Ringkasan

Saat ini banyak sekali terjadi pelanggaran terhadap hak-hak warga negara. Beberapa di antaranya, pelanggaran terhadap hak mendapat pendidikan dan pengajaran; hak mendapat perlakuan yang sama dalam hukum – ini yang paling sering terjadi. Pelanggaran-pelanggaran tersebut dilihat oleh para pengarang sastra. Realitas tersebut dituliskan oleh pengarang sastra ke dalam karya sastra yang dipadu dengan kreativitas dan imajinasinya. Dalam hal ini sastra merupakan tiruan atau model dari kehidupan nyata. Salah satu pengarang sastra yang jeli melihat problem bangsa ini  adalah Ratih Ayuningrum. Dalam kumpulan cerpennya Dongeng Kesetiaan, Ayuningrum menuliskannya sebagai upayanya melakukan sesuatu yang berharga untuk bangsa Indonesia. Ayuningrum menuliskannya dalam bentuk cerpen. Dalam kumpulan cerpen Dongeng Kesetiaan dituliskan beragam realitas yang memperlihatkan pelanggaran-pelanggaran terhadap hak manusia sebagai warga negara (Indonesia) Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tema dan amanat cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen “Dongeng Kesetiaan” karya Ratih Ayuningrum dan mengkaji pelanggaran hak-hak warga negara Indonesia dalam kumpulan cerpen “Dongeng Kesetiaan” karya Ratih Ayuningrum.
Data temuan (berupa sintaksis dan paragraf) yang diperoleh dari kumpulan cerpen Dongeng Kesetiaan karya Ratih Ayuningrum sebagai sumber data dideskripsikan, diklasifikasikan, dianalisis/ditafsirkan sesuai konteks Pendidikan Kewarganegaraan khususnya masalah hak-hak warga negara Indonesia menurut UUD 1945. Melalui pendekatan mimetik, kumpulan cerpen ini memperlihatkan kemampuan pengarangnya dalam mengolah karya sastra sekaligus memperlihatkan realitas yang ada pada masyarakat Indonesia pada masa karya itu ditulis.
Kata Kunci: Pelanggaran Hak-hak WNI, Kumpulan Cerpen Dongeng Kesetiaan, Pendekatan Mimetik


Makalah lengkap terdapat dalam Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya "Aksara", ISSN 2252-9136, No.01/Vol II/ tahun 2012

1 komentar:

  1. boleh tau ga dimana dapet buku dongng kesetiaan karya ratih ayuningrum

    BalasHapus